Cara Merawat Prosesor Komputer

Prosesor adalah salah satu komponen penting dalam komputer. Untuk itu harus diperhatikan karna kerusakan pada prosesor bisa menyebabkan terjadinya kerusakan hardware komputer lainnya, Hal ini tentu sangat dihindari oleh pengguna komputer. Banyak upaya yang dilakukan para pengguna komputer agar bisa terhindar dari kerusakan prosesor, salah satunya adalah dengan memasang fan atau pendingan tambahan pada casing.

Prosesor merupakan komponen yang memiliki peranan penting untuk sebuah komputer. Bahkan, prosesor juga disebut sebagai otak komputer. Oleh sebab itu saat sebuah prosesor rusak, maka semua komponen komputer juga tidak dapat berfungsi. Tidak hanya itu saja, biaya untuk mengganti prosesor juga paling mahal daripada mengganti komponen hardware yang lain. Prosesor adalah komponen komputer yang paling rumit dan paling kecil. Bisa dibayangkan, seuah barang dengan ukuran yang kecil atau sekitar 3cm mampu memuat ribuan atau bahkan jutaan transistor. Maka, tidak mengherankan bila suhu pada sebuah prosesor bisa naik cukup drastis saat digunakan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk merawat prosesor,

Perhatikan pendingin udara
Sistem pendinginan yang kurang sempurna baik pada kipas pendingin di prosesor maupun pada CPU dapat menyebabkan kerusakan pada prosesor. Sebenarnya, jika masalah temperatur yang tidak terkendali, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, system BIOS secara default diprogramkan untuk mematikan komputer jika suhu Prosesor di atas normal, kecuali jika program itu dinonaktifkan,

Prosesor dan RAM harus seimbang
Memperbesarkan ukuran memori RAM memang mampu menanmbah kecepatan komputer, tetapi Anda wajib berhati-hati. Ketidak seimbangan antara prosesor dan RAM dapat menyebabkan kerusakan pada prosesor, bahkan hardware yang lainnya,

Perhatikan suhu prosesor
Saat menggunakan komputer jagalah suhu prosesor supaya tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebih. Jadi, sebaiknya jangan mengoperasikan komputer terlalu lama.

Bila perlu memasang fan tambahan
Walaupun prosesor sudah dilengkapi dengan pendingin, sebaiknya Anda juga menambah fan tambahan. Fan tersebut akan membantu agar suhu udara pada CPU tetap terkendali sehingga tidak menyebabkan panas berlebih yang dapat merusak komputer.

Hati-hati apabila ingin menambah hardware

Jika Anda berencana untuk mengganti kapasitas memori RAM atau menambah hardware yang lain, Anda harus mempertimbangkan apakah hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja komputer. Jika Anda tidak tahu, Anda bisa mengkonsultasikan pada orang yang benar-benar sudah ahli untuk mencegah prosesor rusak.

Inspirasi dari technogrezz.com,

Demikian ulasan tentang cara merawat prosesor komputer, semoga bermanfaat.


Related Post:

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar yang positif, terima kasih.