Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi atau Rusak

Salah satu kerusakan laptop adalah pada keyboardnya, dan biasanya terjadi karna memang sudah lama ataupun karna hal lain. Tidak sedikit orang mengalami hal yang serupa tapi tidak jarang mereka langsung bawa si laptop ke tukang service, Kali ini saya akan memberikan ulasan tentang cara memperbaiki keyboard laptop.

Berikut ulasannya:
 
Salah satu gejalah awal kerusakan keyboard laptop adalah dengan mengeluarkan suara beep secara terus menerus tanpa henti, bunyi beep tersebut muncul seperti tuts keyboard ditekan dalam waktu lama. Contoh kerusakan seperti yang dialami seorang mahasiswa yang kebetulan meminta saya untuk mengecek laptopnya yang selalu mengeluarkan sura secara terus menerus saat dihidupkan. Saya akhirnya mencoba menghidupkan laptop tersebut dan akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa kerusakan terjadi pada keyboard. Sebelum memperbaiki keyboard laptop, sebelumnya baca dulu Cara Membongkar Tombol/Tuts Keyboard.

Setelah memutuskan bahwa kerusakan pada keyboard maka saya mencoba mulai untuk memperbaiki keyboard yang terus mengeluarkan bunyi tanda rusak tersebut dengan cara yang sangat sederhana, semoga cara ini juga bisa membantu anda yang mengalami masalah sama seperti mahasiswa ini. Berikut adalah cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak dan mengeluarkan suara beep secara terus menerus.

Apabila laptop sedang dalam keadaan hidup, silahkan matikan terlebih dahulu, baru kemudian lakukan untuk semua tuts/tombol dengan cara menekan secara sentak, jangan menekan dan tahan tetapi menekan kemudian langsung melepasnya berulang kali untuk setiap tombol pada keyboard. Ingat ! semua tombol, karena kita tidak tahu tombol mana yang lapisan karbonnya saling menempel. Setelah semua tombol dirasa sudah semua ditekan, barulah kembali coba dihidupkan laptopnya. Dengan cara ini saya sudah bisa membuat keyboard laptop kembali berfungsi dengan baik tanpa mengeluarkan suara beep lagi.

Apabila dengan melakukan cara di atas juga masih gagal, maka kemungkinan melekatnya lapisan karbon sudah sangat kuat sehingga sulit diatasi dengan cara di atas, oleh karena itu anda bisa mengatasi masalah keyboard rusak ini dengan cara yang sudah saya tulis di blog saya yang lainnya Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak. Silahkan baca dan lihat video cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengatasi keyboard notebook anda yang bermasalah.

Keyboard pada laptop atau notebook fungsinya sangatlah vital terutama untuk mengetik huruf, angka, kata-kata, kalimat yang akan kita muat di aplikasi Microsoft office atau aplikasi-aplikasi lain. Laptop atau notebook yang umurnya sudah cukup lama, biasanya pada keyboardnya sering terjadi masalah seperti satu atau lebih tombol keyboard error (tidak berfungsi), tombol keyboard tertukar hurufnya,dan semua tombol keyboard tidak berfungsi sama sekali.

Sebenarnya ada banyak penyebab Tombol Keyboard tidak berfungsi dengan baik, seperti adanya kotoran pada bagian keyborad, usia keyboard yang udah tua, Fungsi FN yang tertukar. Untuk Memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi awali dengan troubleshooting masalah. Ada kalanya hanya tombol tertentu pada laptop yang tidak berfungsi, Beberapa tombol yang mogok bersamaan sementara yang lain masih baik, dan tombol Fungsi Fn yan tertukar.

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut sesuai dengan bentuk kerusakan:

1. Tombol Keyboard Eror atau Tidak Berfungsi

Ciri-Ciri:

Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi

Tombol seperti tertekan terus.

Timbul bunyi beep yang panjang seperti tombol tertekan terus.

Biasanya pas mau menyalakan harus menekan salah satu huruf.

Cara Memperbaikinya:

Lepas semua sambungan energinya (carger dan battrai, kalau gak di lepas bisa merusak komponen yang lain),

Lepas keybord dari laptopnya,

Lepas semua tombol keybord (hati-hati jangan sampai kaki-kakinya patah apalagi sampai hilang. kalau sobat pelupa mending foto dulu aja keybordnya biar tidak lupa),

Setelah semua lepas semprot dengan hair dryer secara merata. beri semprotan lebih pada tombol yang error.

Setelah selesai pasang kembali Keyboard Laptop/Notebook,

Jika dengan Memperbaiki Keyboard Laptop seperti di atas dan belum berfungsi dengan baik, anda bisa membersihkan debunya/kotoran keyboard dengan Kuas/air/alkohol dan keringkan dulu.

2. Tombol keyboard Tertukar Huruf ( m, j, k, l, u, I, o dengan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 )
Ciri-Ciri:

Seringkali ketika selesai pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut dan kita guna kan keyboard bawaan laptop ada yang berubah: ketika kita tekan tombol m, j, k, l, u, I, o yang muncul adalah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Penyebab kondisi ini biasanya karena terjadi pertukaran tombol fungsi Fn,

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop pada fungsi tombol Fn yang terbalik secara tak sengaja:

Tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.Tombol numeric ini kalau di laptop biasanya berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLock,

Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut. Sekarang coba tekan tombol u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi,

Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock berubah kembali ke huruf kecil.

3. Tombol Keyboard Tidak Berfungsi sama Sekali
Ciri-ciri:

Semua tombol tidak berfungsi sama sekali,

Bahkan lampu Num Lock dan Caps Lock tidak hidup,

Tombol keyboard macet-macetan/tidak normal,

Cara Memperbaikinya:

Lakukan Langkah pada permasalahan nomor 1 hingga tuntas,

Coba bersihkan dengan air/alkohol dan keringkan dulu hingga benar-benar kering,

Perhatikan tombol USB keybord, ada kalanya tombol USB (colokan keyborad) tidak berfungsi dengan baik,

Coba restart laptop anda terlebih dahulu.

Demikian ulasan tentang cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi atau rusak, sebagian besar isi ulasan ini berasal dari agussale.com, Semoga bermanfaat.


Related Post:

11 comments:

  1. Kenapa laptop saya ngga bisa ketik huruf w and a....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kotor gan atau hardwarenya yang bermasalah..

      Delete
  2. solusi terbaik untuk keyboard macbook temen2 yang susah ditekan atau rusak karena kena air yuk cek di sini: http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

    ReplyDelete
  3. Laptop saya ga ada numlock sama sekali

    ReplyDelete
  4. Tolong respont ya.laptop saya ga ada numlocknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga ada numlock gimana gan? Rusak numlocknya apa gimana?

      Delete
  5. kemarin keyboarku eror langsung aku ganti, mahal, kalau tahu begini bisa dibenerin mah gue benerin dl ya.. apa mungkin karena drivernya ya..

    ReplyDelete
  6. ini laptop asus sya ga memiliki numlock, tp filling sya sih bukan pengaruh tombol numlock. karena yg ga berfungsi pada tombol laptop sya adalah tombol f9,pause,insert,7,home,i,[,:,h,k,.,end,dan,panah bawah.
    uda coba restore system tp masih ga berfungsi juga gimana yah caranya?

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang positif, terima kasih.